Alasan para ayah enggan bantu urus anak meski di rumah

Alasan para ayah enggan bantu urus anak meski di rumah

Tuan-tuan, dia tidak tahu harus mulai dari mana. Jadi dia mencoba untuk lebih dekat, tetapi putranya mencari ibunya …

Jakarta (ANTARA) – Pada saat wabah, banyak ibu yang merasa putus asa karena suaminya menolak membantu anak-anaknya, meski mungkin karena sang ayah tidak mengerti cara melakukannya.

Beberapa istri marah kepada suaminya karena meskipun di rumah mereka tidak mau membantu anak-anaknya. Sayangnya, hal ini tidak dikomunikasikan dengan baik sehingga menimbulkan pertengkaran.

Co-founder Rumah Konsultasi Tiga Generasi dan Psikolog Keluarga, Putu Andani, M.Psi, mengatakan ada dua hal yang menyebabkan ayah tidak mau membantu dalam mengasuh atau bermain dengan anaknya, yaitu merasa anaknya tidak membutuhkan atau tidak tahu caranya.

Baca juga: Perjuangan Agatha Suci mengasuh anak berkebutuhan khusus

“Dia tidak tahu kalau anaknya membutuhkan. Ibunya bisa bilang kepada bapak-bapak ini bahwa anaknya memang ingin bermain dengan bapaknya. Sampaikan fakta kalau anak kita membutuhkannya, misalnya kalau bapaknya terus bertanya, itu harus disampaikan, kata Putu dalam pembicaraan "Love in the Corona Time", Jumat.

Putu menuturkan, kebanyakan bapak merasa bingung saat berhadapan dengan anak. Sebab, mereka tidak tahu harus mulai bermain dengan anak dari mana dan ada rasa takut ditolak.

Baca juga: Putri Titian Memilih Belanja Online Untuk Menjaga Anak-anaknya

Ibu juga berperan dalam menjelaskan kebutuhan anak dan apa yang perlu dilakukan ayah secara detail. Anda juga bisa meminta ayah Anda melakukan hal termudah dulu.

Menurut Putu, hal tersebut wajar karena kebanyakan ayah hanya melakukan apa yang sudah menjadi kebiasaan.

“Hadirin sekalian, dia tidak tahu harus mulai dari mana. Jadi dia mencoba untuk lebih dekat, tetapi anaknya menemukan ibunya, pada akhirnya, dia tidak bermain. Kita atau kita dapat memberikan KPI kepada ayahnya dan meskipun kemajuannya hanya sedikit kita menghargai, "kata Putu.

Baca:  Indonesia butuh laboratorium diagnostik penyakit langka

Baca juga: Ardina Rasti dan suaminya berbagi tugas merawat anak

Baca juga: Semakin Dekat, Richard Kyle Membantu Jessica Iskandar Mengasuh Anak

Reporter: Maria Cicilia
Editor: Suryanto
HAK CIPTA © ANTARA 2020