Benarkah anak terlahir caesar sistem imunnya terganggu?

Benarkah anak terlahir caesar sistem imunnya terganggu?

Jakarta (ANTARA) – Anak yang lahir melalui operasi caesar dikatakan memiliki daya tahan tubuh yang tidak sekuat melahirkan melalui vagina. Apakah ini benar?

"Anak kecil yang lahir dengan melahirkan seorang anak bagian c mendapatkan mikrobiota dari lingkungan rumah sakit. Jumlah bakteri baik yang ada lebih sedikit dibanding yang lahir normal dan berpotensi disbiosis, "kata konsultan hepatologi lambung anak Prof Moh Juffrie, dalam Seminar Digital Optimalisasi Imunitas Anak Kelahiran Caesar dengan Mikroba Sehat, Kamis.

Baca juga: Kisah Cut Meyriska tentang Pengalaman Melahirkan saat Wabah

Baca juga: Keinginan Beddu untuk memiliki anak perempuan akhirnya terkabul

Selain itu, ketidakseimbangan mikrobiota (disbiosis) dalam sistem pencernaan memicu risiko gangguan kekebalan tubuh, antara lain alergi makanan, penyakit metabolik seperti diabetes melitus dan obesitas, serta penyakit terkait pencernaan.

Sedangkan anak yang lahir melalui hubungan seks vaginal atau normal mendapatkan mikrobiota dari jalan lahir, sehingga jumlah bakteri baik tinggi.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak yang lahir dengan operasi caesar membutuhkan waktu enam bulan untuk mencapai mikrobiota usus yang mirip dengan kelahiran normal, sehingga anak yang lahir dengan operasi caesar memiliki risiko lebih tinggi mengalami berbagai gangguan sistem kekebalan.

“Mikrobiota saluran cerna didapat sejak lahir dan berkembang hingga usia 3 tahun. Masa ini merupakan masa penting untuk membentuk mikrobiota yang sehat guna menunjang daya tahan tubuh anak,” kata Juffrie.

Namun demikian, anak yang lahir dengan operasi caesar tetap dapat mencapai keseimbangan jumlah mikrobiota, salah satunya dengan pemberian ASI sesuai anjuran ahli kesehatan. ASI mengandung nutrisi lengkap termasuk probiotik dan prebiotik yang dapat memodulasi mikrobiota.

"ASI mengandung lebih dari 200 spesies mikroorganisme yang dikenal sebagai probiotik dan oligosakarida susu manusia atau yang dikenal sebagai prebiotik. Kombinasi probiotik dan prebiotik yang bekerja secara sinergis dan mempunyai efek yang disebut juga sinbiotik dapat membantu mempercepat kolonisasi bakteri baik dan meningkatkan jumlah bakteri baik seperti Bifidobacterium pada si kecil yang lahir dengan operasi caesar, "kata Juffrie.

Baca:  Singapura sambut wisatawan, berapa harga tiket pesawatnya?

Hal ini, lanjutnya, dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh selama dua tahun pertama kehidupan dan mengurangi risiko anak menderita alergi.

Baca juga: Anak yang lahir dengan operasi caesar berisiko lebih tinggi terserang alergi

Baca juga: Anak yang lahir dengan operasi caesar cenderung obesitas?

Baca juga: Bayi yang kurang ASI eksklusif bisa menurunkan potensi Bifidobacterium

Reporter: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Suryanto
HAK CIPTA © ANTARA 2020