Daftar “Comfort food” pelipur lara pandemi COVID-19 di 2020

Daftar "Comfort food" pelipur lara pandemi COVID-19 di 2020

Jakarta (ANTARA) – Wabah virus corona, COVID-19 yang melanda Tanah Air pada awal tahun 2020 telah mengubah cara hidup kita, termasuk cara pandang orang terhadap makanan.

Mengingat tahun ini masyarakat banyak menghabiskan waktu di rumah untuk mencegah penyebaran virus, makanan yang nyaman menjadi juara dalam daftar tren makanan pada tahun 2020.
Nama artikel ini adalah:
Pakar tren, ahli tren Mike Kostyo yang dikutip dari Whatsupmag pada hari Minggu menjelaskan bahwa secara historis, makanan rumahan yang nyaman, memberikan kenyamanan dan memiliki daya tarik nostalgia cenderung dicari oleh masyarakat di masa-masa sulit seperti resesi dan pandemi.

“Saat resesi, biasanya kami mencarinya makanan yang nyaman terjangkau. Ketika masa-masa sulit, Anda ingin dihibur, Anda ingin memilih hal-hal yang Anda tahu akan disukai oleh seluruh keluarga, Anda tidak ingin mempertaruhkan uang untuk sesuatu yang baru dan tidak terbukti, ”kata Kostyo.

Pada awal dan pertengahan Maret lalu, Kostyo menyatakan bahwa pizza adalah pilihan makanan yang paling banyak dicari, terutama di Amerika Serikat.

Sebuah artikel New York Times dari awal April menjelaskan bahwa penjualan sup Campbell melonjak 59 persen dalam sebulan terakhir dan kerupuk ikan mas Pepperidge Farm telah melonjak hampir 23 persen.

Baca juga: Praktis kreatif di dapur dengan campuran tepung siap masak

Bagaimana dengan di Indonesia?

Sepanjang tahun 2020, masyarakat di Indonesia juga menyukai makanan rumahan, yang dapat membuat tinggal di rumah saat wabah menjadi lebih nyaman.

Chef selebriti Yuda Bustara memiliki daftar makanan yang akan menjadi trend di Indonesia sepanjang tahun 2020 sebagai berikut:

1. Kopi Dalgona

Kopi Dalgona (Pixabay)

Virus corona membuat masyarakat harus tinggal di rumah, sekolah bahkan pekerjaan harus dilakukan di rumah agar virus COVID-19 tidak menyebar lebih jauh.

Tidak bisa bergaul dengan teman di kafe favorit membuat orang kreatif. Baik untuk menghilangkan kebosanan atau benar-benar melewatkan minuman dan pusat makanan.

Salah satu trend kreatif di tahun 2020 yang menghiasi banyak halaman media sosial hingga viral adalah Dalgona Coffee.

Cara pembuatannya yang mudah, hanya terdiri dari tiga bahan yaitu kopi espresso, gula dan air serta mixer membuat sajian es kopi ini menjadi trend di tahun 2020.

“Agar kopi Dalgona gagal, salah satu tipsnya adalah jangan mengganti gula putih dengan gula aren. Gula putih akan menstabilkan busa sehingga tidak menyusut dan tahan lama, jadi jangan ganti gula merah. Dalgona akan mengembang lebih baik jika digunakan. Mengalahkan, "Kata Judah kepada ANTARA, Sabtu.

Selain Dalgona, kopi dalam wadah liter juga cukup populer di masa wabah ini. Di masa ekonomi sulit akibat wabah COVID-19, kopi literan menjadi alternatif yang hemat biaya dan enak bagi pecinta kopi. Kopi bercita rasa kopi masih bisa dinikmati kapan saja di rumah yang nyaman dan aman.

2. Roti asam

Nama artikel ini adalah:

Roti Sourdough (Pixabay)

Tren snack lainnya di tahun 2020, versi finalis dari Asian Food Channel Next Celebrity Chef, Yuda Bustara, adalah roti asam.

Banyaknya waktu luang di rumah membuat orang menjadi hobi membuat roti. memasak adalah salah satu dari sekian banyak jenis roti yang dicoba.

memasak merupakan roti yang difermentasi dengan ragi alami, bukan ragi pembungkus instan yang biasa dijual di toko-toko.

Meski banyak yang mempertimbangkan membuatnya asam Rumit karena butuh waktu sekitar lima hari untuk membuatnya, namun cara alami membuatnya memenuhi ekspektasi masyarakat untuk hidup lebih sehat pada tahun 2020. Selain itu, proses pembuatan adonan atau starter ragi alami membuat masa isolasi di rumah semakin menyenangkan.

Membuat roti asam Mulailah dengan membuat adonan starter yang terdiri dari tepung dan air saja. Tepung dan air campuran dimasukkan ke dalam wadah kemudian ditutup dan disimpan pada suhu kamar selama 24 jam.

Hari kedua, keluarkan bagian dari starter dan “feed” dengan menambahkan lebih banyak tepung dan air lalu masukkan kembali. Ulangi sampai hari kelima saat starter siap digunakan.

Untuk membuat roti asam, campur saja starter dengan tepung untuk roti, gula pasir, garam dan susu.

3. Nasi mentai salmon

Semangkuk nasi putih hangat dengan tambahan Salmon panggang dengan mayones gurih dengan taburan rumput laut renyah di atasnya adalah salah satu kreasi terpopuler tahun 2020.

Selain memberi rasa nyaman makanan nyaman yang menenangkan hati, salmon mete Nasi juga merupakan pilihan asupan nutrisi yang kaya.

Judah mengatakan salmon mete tidak selalu membutuhkan oven untuk memanggang. “Bisa menggunakan wajan atau wajan panas dan tingkat kematangan ikan salmon bisa disesuaikan dengan selera,” ujarnya.

4. Roti Bawang Putih Korea

Makanan lain dari Korea Selatan yang laris di Indonesia, Korea roti keju bawang putih bertekstur halus dan lembut.

Dipanggil Roti bawang alias roti bawang putih karena bentuknya yang menyerupai bawang putih dengan enam siung.

Baca:  Kastil Windsor buka tamannya untuk umum setelah 40 tahun

Enam sisi roti diselingi seperti siung bawang putih yang diberi keju dan ditutup dengan bumbu lalu dipanggang. Krim keju yang meleleh dengan sensasi rasa bawang putih yang nikmat memberikan sensasi berbeda dari jenis roti lainnya.

Roti ini menjadi favorit orang Indonesia untuk menemani waktu mereka di rumah saat wabah COVID-19.

5. Kotak makanan penutup
Nama artikel ini adalah:

Kotak Makanan Penutup (Pixabay)

Berbagai kotak makanan penutup mendapat respon di pertengahan tahun 2020. Yang paling viral pastinya dessert “Bittersweet” dari Najla Bisyir.

Kotak makanan penutup dikemas dalam box berukuran kurang lebih 10×10 cm sangat digemari karena rasanya yang enak dan praktis.

Tersedia beragam rasa dessert mulai dari ovaltine, milo, Oreo, chocolate, tiramisu, matcha, choco regal, red velvet, dalgona, hingga cream cheese.

6. Empon-empon

Ketika pemerintah di sejumlah daerah di Indonesia mencanangkan pemberlakuan pembatasan sosial skala besar (PSBB), keinginan masyarakat untuk mengonsumsi makanan dan minuman sehat yang dapat memperkuat kekebalan tubuhnya semakin meningkat.

Salah satu minuman yang konon dapat menjaga bahkan meningkatkan daya tahan tubuh adalah empon-empon, yaitu minuman yang terbuat dari bumbu rimpang seperti kunyit, jahe, kencur, dan jahe merah yang memiliki khasiat bagi kesehatan.

Yuda Bustara mengaku rajin menggunakan empon-empon hingga tahun 2020. "Favorit saya adalah empon-empon, karena dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh, dan juga bahannya yang murah, bisa didapatkan dimana saja," ujarnya.

7. Makanan beku
Makanan beku Tidak dapat dipungkiri bahwa mereka menjadi makanan favorit pada tahun 2020, selain praktis, makanan beku ini dapat menjadi alternatif snack atau bahkan lauk pendamping nasi pada masa PSBB yang pergerakannya sangat terbatas. Orang yang membatasi diri untuk keluar sangat terbantu dengan berada di sana makanan beku yang bisa disimpan dalam waktu lama di lemari es.

Ada banyak variasi makanan beku dijual mulai dari baso aci, cireng, cuanki, donat, dim sum hingga ayam katsu.

8. Donat goreng yang renyah
Nama artikel ini adalah:

Donat goreng (Pixabay)

Donat sudah siap makanan yang nyaman Orang Indonesia sejak jaman dahulu.

Jika biasanya donat memiliki tekstur yang empuk dan empuk, ada satu jenis donat yang cukup viral saat pandemi virus corona, yaitu donat goreng crispy.

Donat ini memiliki tekstur bagian luar yang renyah namun bagian dalamnya lembut. Adonan donat yang renyah sama dengan donat biasa. Bedanya, donat yang renyah dilapisi dengan campuran tepung beras sebelum digoreng.

Chef Yuda Bustara membagikan resep sederhana membuat donat renyah hanya dengan tiga bahan yaitu tepung, susu dan ragi.

Susu hangat dan ragi dicampur jadi satu lalu ditambahkan tepung terigu kemudian sisihkan. Setelah mengembang, tambahkan adonan tepung ke dalam adonan tepung beras atau langsung terigu goreng tepung pisang kemudian goreng hingga berwarna cokelat keemasan.

Isi donat dengan isian sesuai selera.

9. Minuman serbuk sari lebah madu

Sepanjang tahun 2020, nampaknya masyarakat memburu makanan atau minuman yang mengandung manfaat bagi kesehatan.

Salah satunya adalah madu lengkap dengan bee pollen, yaitu butiran kecil yang dibuat oleh lebah saat berada di atas bunga, dan terdiri dari serbuk sari, air liur atau air liur lebah, dan nektar atau madu.

Bee pollen sebenarnya adalah makanan lebah. Mereka biasanya membawa butiran serbuk sari ke sarangnya.

Berbeda dengan madu yang bisa dimakan dalam jumlah banyak, bee pollen harus dimakan sesuai dengan takarannya. Menaruh satu sendok teh madu pada teh hangat di malam hari bisa membuat suasana menjadi lebih baik.

10. Makanan persiapan makan

Yuda Bustara mengatakan bahwa salah satu tren "hype" di dunia makanan saat pandemi virus corona 2020 adalah konsep makanan. persiapan makan.

Konsep persiapan makan atau persiapan makanan adalah memasak makanan dalam jumlah banyak dan kemudian membaginya menjadi beberapa porsi dan wadah untuk dipanaskan dalam beberapa hari ke depan.

“Kita hanya perlu memasak sehari kemudian, setelah itu makanan disimpan di lemari es dalam wadah kedap udara, selanjutnya kita hanya perlu memanaskannya sebentar dan bisa langsung memakannya,” kata Yuda.

Konsep persiapan makan sangat praktis digunakan pada saat terjadi wabah karena masyarakat tidak perlu repot memasak setiap hari yang berarti harus lebih sering keluar berbelanja.

Caranya, makanan setengah matang kemudian dimasukkan ke dalam wadah kedap udara kemudian simpan di lemari es.

Konsep makanan persiapan makandapat bertahan dari dua minggu hingga satu bulan jika disimpan dengan benar.

“Semua makanan bisa diolah dengan konsep persiapan makan , "dia berkata.

Baca juga: "Gigitan ayam" yang ditanam di laboratorium mulai dijual di Singapura