Enam tips untuk Anda yang ingin jadi “reseller”

Jakarta (ANTARA) – Semakin banyak pengusaha, termasuk pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UKM) beralih ke platform online, menjadi pengusaha ritel (reseller) dapat berguna di tengah situasi pandemi seperti ini.

Memanfaatkan tren penjualan online, Ade Yuanda Saragih, VP dan Kepala Negara, Zilingo dalam pernyataan resminya membagikan enam langkah kunci yang dapat membantu setiap trader memulai perjalanannya sebagai reseller.

Lakukan riset pasar yang mendalam sebagai batu loncatan

Mengukur popularitas produk, kebutuhan konsumen, perilaku pasar produk, batasan pembelian dan yang terpenting seperti yang ditekankan Ade adalah menentukan batasan harga produk yang sesuai.

“Jika Anda berasal dari kota kecil, periksa di mana lokasinya reseller produk atau merek di daerah Anda. Ini dapat menentukan peluang Anda untuk menjadi satu-satunya reseller kategori untuk wilayah tertentu, "kata Ade.

Stok produk

Pastikan stok produk Anda mencukupi untuk melayani semua pelanggan Anda. Stok produk yang baik memungkinkan Anda menawarkan berbagai macam produk yang memenuhi preferensi konsumen yang berbeda.

Pilih pemasok yang tepat

Anda harus memilih pemasok yang dapat diandalkan, memiliki kualitas produk yang baik dan sesuai dengan berbagai pilihan. Pemasok juga harus dikenal oleh banyak pelanggan karena ini membuat pemasaran dan penjualan Anda lebih mudah.

“Anda juga perlu membandingkan harga grosir, jadwal produksi dan waktu pengiriman untuk masing-masing pemasok karena inilah titik awal bisnis Anda dalam jangka panjang,” jelas Ade.

Buat strategi penjualan dan pemasaran sedini mungkin

Idealnya, para reseller harus memiliki keterampilan pemasaran yang kuat dan harus terbiasa dengan berbagai platform yang tersedia, dari perdagangan elektronik ke media sosial. Pesan bisnis Anda harus jelas dan konsisten dengan target pelanggan Anda.

Baca:  Pentingnya variasi menu pada makanan anak

Kuasai keterampilan layanan pelanggan

Menjadi wirausaha berarti siap menghadapi pelanggan secara langsung, dimulai dengan mengatur jam layanan pelanggan, sistem dan jadwal pengiriman, serta akun media sosial bisnis Anda. Terus memperkaya keterampilan Anda sebagai komunikator yang baik sehingga Anda dapat menjawab pertanyaan pelanggan dan menangani keluhan Anda secara akurat.

Penting untuk mencoba produknya terlebih dahulu

Sebagai reseller baru, Anda mungkin perlu melakukan semuanya sendiri, mulai dari berbelanja dan menyimpan produk, mengelola platform perdagangan elektronik pilihan anda, akun media sosial, pengemasan, pengiriman, hingga pengelolaan keuangan.

Mengupdate akun sales atau sosial media dengan menampilkan produk terbaru, menjawab pertanyaan customer, memberikan promosi dengan diskon dan hadiah menarik harus dilakukan secara konsisten.

Cobalah untuk lebih disiplin, teratur, dan konsisten dalam memenuhi tugas dan kebutuhan bisnis harian Anda. Ada kemungkinan lebih tinggi bahwa pelanggan akan memilih Anda daripada pesaing jika mereka puas dengan daya tanggap bisnis Anda.

Baca juga: Memulai bisnis fashion lewat "pasar", berikut beberapa tipsnya

Baca juga: Rayakan Batik, Populo dan Davy Linggar Bekerja Sama dengan Zilingo

Baca juga: Kampanye "Keluarga Asuh" membantu pekerja tidak resmi mengatasi epidemi

Reporter: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
HAK CIPTA © ANTARA 2020