Inilah jumlah asupan vitamin C harian yang dibutuhkan tubuh

Inilah jumlah asupan vitamin C harian yang dibutuhkan tubuh

Jakarta (ANTARA) – Vitamin C yang juga dikenal dengan asam askorbat memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti sebagai antioksidan, mencegah peradangan, stres, bahkan anti bakteri.

Tapi berapa banyak vitamin C yang dibutuhkan tubuh setiap hari?

Prof. Dr. dr. Saptawati Bardosono, M.Sc. dari Perhimpunan Gizi Indonesia, mengatakan sesuai rekomendasi Kementerian Kesehatan untuk Tingkat Kecukupan Gizi 2019, kecukupan asupan vitamin C ditentukan berdasarkan usia dan jenis kelamin.

Baca juga: Tips memenuhi kebutuhan vitamin harian untuk menjaga daya tahan tubuh

Baca juga: Asupan vitamin C & D yang disarankan selama masa transisi dilengkapi dengan pandemi COVID-19

Misalnya untuk pria usia 16 sampai di atas 80 adalah 90 mg per hari, sedangkan untuk wanita 75 mg per hari. Untuk memberikan efek kesehatan yang optimal, kadar vitamin C dalam tubuh perlu dijaga. Selain itu vitamin C juga merupakan nutrisi penting yang harus didapatkan dari makanan sehari-hari.

Secara alami vitamin C bisa didapatkan dari buah dan sayur. Misalnya, jambu biji mengandung 125 mg vitamin C / buah, 70 mg jeruk / buah, 80 mg brokoli, dan 50 mg kembang kol.

“Asupan vitamin C bisa disesuaikan dengan aktivitas sehari-hari. Asupan vitamin C dari makanan bisa mencapai 200 mg / hari, tapi bagi anak muda yang aktif dan sering melakukan olah raga, jumlah tersebut belum cukup,” kata Saptawati dalam siaran pers dari Minute. . Maid Pulpy Orange diterima di Jakarta, Senin.

Menurut Saptawati, remaja yang aktif beraktivitas setidaknya membutuhkan suplemen antara 500-1.000 mg / hari untuk mencegah gangguan pernapasan.

“Yang sangat membutuhkan vitamin C adalah mereka yang sering mengonsumsi makanan yang tidak segar dan makanan yang tidak mengandung sumber vitamin C,” kata Saptawati.

Lebih lanjut Saptawati menjelaskan, asupan vitamin C yang lebih banyak juga dibutuhkan bagi penderita pola hidup tidak sehat, seperti tidak pernah berolahraga, merokok, dan sering minum alkohol.

Baca:  Ilmuwan periksa isi mumi kucing, ular, dan burung Mesir kuno

“Dengan kondisi cuaca yang tidak menentu ditambah dengan polusi, vitamin C penting untuk menjaga kondisi tubuh,” lanjut Saptawati.

Jadi, bagaimana Anda tahu jika Anda sudah cukup makan vitamin C?

Paling sederhana, catat buah dan sayur yang sudah kita makan. Saptawati merekomendasikan makan tiga porsi buah dan sayuran. Namun, semuanya bisa disesuaikan tergantung kebutuhan.

“Jika diperlukan, vitamin C bisa kita peroleh dari makanan dan minuman yang telah menjalani suplementasi mikronutrien. Misalnya seperti jus jeruk atau minuman yang mengandung jeruk dengan melihat label kemasan untuk mengetahui kandungannya. Untuk dosis yang lebih tinggi dianjurkan juga untuk mengonsumsi suplemen vitamin. C., "kata Saptawati.

Baca juga: Lima manfaat jeruk bagi kesehatan

Baca juga: Lebih Baik Minum Jus Buah atau Makan Buah Irisan?

Baca juga: Vitamin C bisa menurunkan risiko stroke

Reporter: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
HAK CIPTA © ANTARA 2020