Jaga jantung sehat lewat konsumsi brokoli dan kubis

Jaga jantung sehat lewat konsumsi brokoli dan kubis

Jakarta (ANTARA) – Suka tidak suka, sayuran hijau adalah bagian penting dari pola makan kita. Penelitian baru dari Edith Cowan University di Australia menunjukkan, sayuran menyeberang seperti brokoli, kembang kol dll sangat penting untuk kesehatan pembuluh darah dan jantung.

Para peneliti, seperti dikutip Medical Daily pada Sabtu, mempelajari 684 wanita, yang rata-rata berusia 75 tahun. Para wanita tersebut melaporkan mengonsumsi sayuran mereka selama 12 bulan menggunakan kuesioner frekuensi makanan. Sayuran yang mereka makan termasuk kubis, kembang kol dan brokoli.

Hasilnya menunjukkan bahwa wanita yang makan lebih banyak sayuran ini memiliki kemungkinan lebih rendah untuk mengembangkan kalsifikasi atau pengerasan arteri.

Wanita yang makan sayuran lebih dari 45 gram sehari sekitar 46 persen cenderung memiliki lebih banyak kalsifikasi di hati mereka daripada wanita yang hanya makan 15 gram sehari.

Kalsifikasi vaskular terjadi ketika lemak dan kalsium terbentuk di sepanjang sisi pembuluh, yang perlahan mengeras dan mempersempit pembuluh darah serta menyebabkan stroke dan serangan jantung.

Halaman Healthline mencatat bahwa sekitar 99 persen kalsium tubuh ditemukan di gigi dan tulang. Sedangkan 1 persen lainnya ada di dalam darah, otot, cairan ekstraseluler dan jaringan tubuh lainnya.

Beberapa kelainan menyebabkan kalsium mengendap di tempat-tempat yang biasanya bukan miliknya. Seiring waktu, hal ini dapat menambah dan menimbulkan masalah.

Anda mungkin memerlukan perawatan untuk menghindari komplikasi jika mengalami suplemen kalsium tambahan ini.

Baca juga: Kesalahan jika bawang putih menjadi brokoli

Baca juga: Brokoli baik untuk kesehatan usus

Baca juga: Daftar makanan yang meredakan migrain

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
HAK CIPTA © ANTARA 2020

Baca:  Tips memotret "sunset" pakai smartphone ala Dion Wiyoko