Kayu manis dan lemon bisa jadi antiseptik alami

Kayu manis dan lemon bisa jadi antiseptik alami

Jakarta (ANTARA) – Saat ini para orang tua telah menempuh berbagai cara untuk mencegah penularan virus corona kepada anaknya, salah satunya dengan menggunakan antiseptik pada disinfektan.

Namun terkadang bahan kimia dalam antiseptik dapat menjadi sumber alergi yang dapat mengganggu pernapasan anak.

Pendiri Merek perawatan bayi dan bayi Indonesia, Beauty Barn Indonesia, Welly Ng mengatakan banyak bahan alami yang dapat menjadi antiseptik aman untuk anak.

“Sebenarnya banyak ramuan alami dari alam yang bila diracik bersama bisa menjadi antiseptik yang tidak hanya aman untuk anak, tapi juga untuk ibu hamil, menyusui dan bagi yang menderita alergi pernafasan hingga bau tak sedap akibat ramuan tersebut. "Bahan kimia berbahaya ditemukan dalam disinfektan," kata Welly dalam keterangan media di Jakarta, Selasa.

Menurut Welly, salah satu bahan alami yang memiliki khasiat antibakteri adalah kayu manis.

Menurut penelitian dari Swinburne University of Technology oleh Dr. Sanjida Topa, senyawa tersebut Cinnamaldehyde (CAD) yang memiliki aroma dan rasa khas kayu manis, mampu menembus biofilm, lapisan pelindung yang dibangun oleh bakteri untuk menyerang sistem kekebalan tubuh kita melalui infeksi, ”ujarnya.

Selain itu, kayu manis juga dikatakan memiliki khasiat antijamur atau antijamur.

“Umumnya di udara banyak terdapat bakteri dan virus serta kelembaban dan suhu yang terus berubah, terkadang kita sering menemukan jamur di sekitar kita,” ujarnya.

Selain kayu manis, lemon juga dikenal sebagai antiseptik dan desinfektan yang efektif karena memiliki kemampuan menurunkan pH di lingkungan sehingga siklus hidup bakteri tidak dapat bertahan pada pH rendah.

“Jika lemon dan kayu manis diformulasikan bersama sebagai antiseptik pada desinfektan, apalagi jika tidak mengandung pewangi buatan, maka sesak napas yang sering dialami orang saat menghirup desinfektan akan terhindar,” ujarnya.

Baca:  Kerja dari rumah? Ganti pemandangan langit dengan laut Bermuda

Beauty Barn memproduksi produk desinfektan Vir-O yang dikatakan aman untuk pernafasan anak-anak, ibu hamil, menyusui dan juga bagi mereka yang sensitif terhadap bau menyengat dan memiliki alergi pernafasan.

"Tanpa menggunakan zat berbahaya tersebut hidrogen peroksida, ftalat sebagai pengharum juga tidak menggunakan alkohol tinggi. Dengan lemon dan kayu manis, Vir-O bisa menjadi pilihan yang aman untuk kesehatan pernafasan, ”ujarnya.

Baca juga: Saran tiga bumbu dan bahan untuk membuat sayur lebih enak

Baca juga: Mencoba "Perawatan Kulit DIY"? Hindari lima bahan ini

Baca juga: Ramuan sederhana untuk menghentikan pendarahan hebat saat haid

Reporter: Ida Nurcahyani
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
HAK CIPTA © ANTARA 2020