Kenali penyebab cegukan dan kiat mengatasinya

Kenali penyebab cegukan dan kiat mengatasinya

Karena cegukan yang berkepanjangan dapat mengindikasikan gangguan struktural, infeksi atau peradangan …

Jakarta (ANTARA) – Cegukan terjadi ketika diafragma Anda, otot yang memisahkan paru-paru dan perut, tiba-tiba dan tidak sengaja berkontraksi, kata Dr. Melvin Look, dokter konsultan dan ahli bedah di Rumah Sakit Mount Elizabeth Novena.

Kontraksi ini menarik udara ke paru-paru dan jika ini terjadi secara tiba-tiba saat kotak suara Anda berkontraksi, akan terdengar suara seperti "cegukan".

Menurut Look, seperti dilansir Channel News Asia, Senin, penyebab diafragma belum jelas.

Cegukan berkepanjangan bisa sangat mengganggu karena memengaruhi ucapan Anda. Kondisi ini bisa berlangsung selama beberapa menit dan hilang dengan sendirinya tetapi jika berlangsung lebih dari dua hari atau terus berulang selama 48 jam, segera temui dokter.

Baca juga: Tips menghentikan cegukan

"Karena cegukan yang berkepanjangan dapat menandakan gangguan struktural, infeksi atau peradangan yang mempengaruhi sistem saraf pusat atau sistem saraf atau cabang tertentu," kata ahli gastroenterologi di Rumah Sakit Gleneagles, Dr. Amitabh Monga.

Menurutnya, gangguan tersebut bisa berupa penyakit lambung, lever, pankreas atau otak.

Lalu, bagaimana cara mengatasi masalah cegukan?

Baca juga: Tentang cegukan seperti yang dialami Sandiaga Uno

Look mengatakan pengobatan termudah untuk cegukan melibatkan beberapa mekanisme umum seperti sesak napas atau pernapasan sambil mencondongkan tubuh ke depan dengan lutut ditarik ke dada.

Selain itu, berkumur tampaknya merangsang tenggorokan, yang merupakan cara lain untuk mengganggu aktivitas diafragma yang tidak disengaja.

Menurut Monga, efektifitas cara ini belum bisa dipastikan. Meski begitu, cara ini mudah dilakukan dan memiliki risiko komplikasi yang rendah, jadi tidak ada salahnya mencoba.

Jika tidak ada penyebab medis yang mendasari, dokter mungkin meresepkan obat untuk menghentikannya.

Baca:  Keramas jadi kunci atasi rambut lepek

Baca juga: Cara mengatasi cegukan

Baca juga: Cegukan berkepanjangan bisa menyebabkan dehidrasi hingga stres

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Suryanto
HAK CIPTA © ANTARA 2020