Kiat aman berinternet untuk anak ala YouTuber Kimbab Family

Kiat aman berinternet untuk anak ala YouTuber Kimbab Family

Jakarta (ANTARA) – Keluarga Appa Jay dan Mama Gina, pasangan multikultural Korea-Indonesia yang dikenal melalui kanal YouTube Kimbab Family berbagi tips agar anak mereka, Suji, Yunji, dan Jio tetap browsing dan membuat konten di internet dengan aman.

Bagi Keluarga Kimbab, mengatur konten mana yang bisa dibagikan kepada publik adalah bagian penting dalam bekerja. Begitu pula dengan peran anak ketika berkontribusi pada konten yang akan mereka produksi.

“Nah, sampai di sini, anak-anak secara alamiah terlibat dalam memberikan ide konten, tapi itu inisiatif sendiri (tidak dipaksakan),” kata Mama Gina dalam keterangannya, Sabtu.

Keluarga Kimbab menerapkan pembatasan dan pengawasan ketika anak-anak dilibatkan dalam pembuatan konten, respon tanggapan audiens, hingga aktivitas internet sehari-hari.

Baca juga: Greg Kelly diadili tanpa Carlos Ghosn

Baca juga: Ghosn bilang koalisi Renault tidak punya pemimpin

Biasanya Appa Jay dan Mama Gina menegakkan kesepakatan kepada anaknya sebelum memberikan akses internet di rumah.

"Aturannya sangat fleksibel. Kami selalu berusaha berkomunikasi dengan baik, dialog terbuka untuk mencapai kesepakatan bersama (dalam menggunakan internet) dengan anak-anak, ”tambah Appa Jay.

Pandemi COVID-19 sedikit mengubah kebiasaan internet mereka. Selain pembelajaran untuk anak-anaknya yang dilakukan secara online, berbagi cerita tentang kebiasaan baru selama tinggal di Korea telah menjadi bagian yang erat dari Keluarga Kimbab.

Menggunakan masker dengan benar, menata ruangan, berkebun, mengisi waktu dengan menggunakan bahasa daerah, hingga membuat masakan yang enak telah mewarnai aktivitas mereka selama #DiRumahAja.

Satu hal yang jelas dari cerita mereka adalah bagaimana mereka terus menanamkan nilai penghormatan kepada setiap orang pada anak-anak mereka.

“Kami menyadari bahwa memahami bahasa adalah dasar untuk mengenal dan menghormati budaya. Yang terpenting bagi kami adalah mereka mengetahui bahasa orang tuanya. Sehingga mereka bisa berkomunikasi dengan kami 100%,” kata Appa Jay.

Baca:  Sup kepala ikan manyung, kuliner khas Pantura penambah stamina

Keluarga Kimbab mulai mengunggah video pertama dari cerita harian mereka pada Agustus 2018. Appa Jay dan Mama Gina, pasangan multikultural Korea-Indonesia, menggunakan teknologi melalui YouTube untuk tetap berhubungan dengan keluarga mereka.

Selama tinggal di Indonesia, Appa Jay yang merupakan warga negara Korea Selatan punya ide untuk merekam kenangan penting anak-anaknya untuk dilihat keluarganya di Korea Selatan.

Baca juga: Lima hal untuk membuat konten menarik di media sosial

Baca juga: Youtube mulai menguji fitur PiP untuk iOS

Baca juga: Video "2 HOURS tidak melakukan apa pun" ditonton 3 juta kali

Reporter: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
HAK CIPTA © ANTARA 2020