Kini pelancong cenderung pesan akomodasi secara dadakan

Kini pelancong cenderung pesan akomodasi secara dadakan

Jakarta (ANTARA) – Platform perjalanan digital Agoda mengungkapkan bahwa lanskap pariwisata yang berubah akibat pandemi COVID-19 membuat para pelancong cenderung memesan akomodasi di saat-saat terakhir. Selain itu, pesanan lewat telepon seluler juga terpantau meningkat

Secara global naik 29 persen pada kuartal kedua 2020 dibandingkan periode yang sama pada 2019, kata Agoda dalam rilis resmi, Kamis.

Berdasarkan data Agoda, destinasi utama di Indonesia yang dipesan pada kuartal II tahun ini adalah Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, dan Bali.

Agoda memperkenalkan fitur GoLocal Tonight dan HygienePlus baru untuk memenuhi kebutuhan pelancong yang sekarang cenderung melakukan pemesanan spontan beberapa detik sebelum bepergian.

Baca juga: Fitur baru Agoda untuk perjalanan spontan

Baca juga: Lima Penginapan Unik di Bali yang Belum Anda Ketahui

Berdasarkan survei domestik oleh GoLocal Agoda, ditemukan bahwa delapan dari sepuluh turis di Indonesia siap dan ingin memulai perjalanan. Sementara 76 persen ingin menjajaki destinasi pariwisata domestik tahun depan, dengan target utama Pulau Bali, disusul Jakarta dan Yogyakarta.

GoLocal Tonight merupakan kelanjutan dari kampanye GoLocak yang menawarkan traveller domestik yang memesan diskon hingga 30 persen di hari yang sama. Agoda bermitra dengan lebih dari 500 hotel di seluruh Indonesia untuk kampanye ini.

Agoda juga meluncurkan fitur otentikasi HygienePlus untuk memastikan penyedia akomodasi menerapkan protokol kesehatan. Saat ini ada lebih dari 3000 hotel yang telah menerima lencana HygienePlus.

Fitur HygienePlus Agoda mencakup daftar panjang standar kesehatan internasional yang ditetapkan oleh hotel.

Ini termasuk melatih staf tentang protokol keamanan, check in / out bebas dari kontak, mengukur suhu tubuh staf dan tamu, staf yang mengenakan masker wajah, masker pelindung di tempat umum, desinfeksi rumah dan kamar harian, persiapan masker wajah, penyediaan peralatan sterilisasi pembersih tangan untuk para tamu, atur ruang makan yang aman, dan tempatkan instruksi untuk memastikan jarak fisik.

Baca:  Status Gunung Merapi Siaga, jasa Jeep Lava Tour Merapi tetap beroperasi

Baca juga: Lokasi ideal untuk "staycation": Bandung, Bali dan Yogyakarta

Baca juga: Minat untuk tetap meningkat sebelum pergi bersama

Reporter: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
HAK CIPTA © ANTARA 2020