Lokasi idaman “staycation”: Bandung, Bali dan Yogyakarta

Jakarta (ANTARA) – Bandung, Yogyakarta dan Pulau Bali masih menjadi lokasi yang ideal akomodasi pengguna agen perjalanan online ticketing.com.

Public Relation Manager Tiket.com Sandra Darmosumarto mengatakan berdasarkan data internal, ketiga tempat ini paling diminati oleh pengguna yang menginginkan akomodasi.

Sedangkan destinasi terpopuler dalam hal volume pemesanan adalah Surabaya, Makassar, Medan, Denpasar dan Yogyakarta.

"Ini data dari ticket.com untuk 5 destinasi teratas dalam tiga bulan terakhir dengan Jakarta sebagai kota keberangkatan," kata Sandra kepada ANTARA, Selasa.

Baca juga: Manajemen Ancol menginformasikan Satgas COVID-19 saat libur panjang

Baca juga: Satgas COVID-19: Tak ketinggalan protokol kesehatan jelang libur panjang

Sandra menambahkan, preferensi masyarakat saat ini masih berlibur di dekat rumah alias akomodasi.

“Kami juga menghadirkan kampanye Near Home (LDR) yang bertujuan untuk menginspirasi masyarakat untuk mengeksplorasi pariwisata lokal, karena masih banyak destinasi wisata lokal yang belum terekspos,” ujarnya.

Meski begitu, pihaknya terus mengimbau masyarakat untuk menjaga kesehatan diri dan orang lain, menerapkan protokol kesehatan dan menerapkan pembatasan jarak selama perjalanan.

Terkait lonjakan pemesanan dan libur panjang pekan ini, ia mengatakan terjadi peningkatan pemesanan tiket dengan pemberangkatan pada pekan 19-25 Oktober 2020.

“Sekitar 20 persen dibanding dua minggu sebelumnya. Peningkatan ini bisa diperkirakan lebih tinggi lagi karena banyak destinasi sudah dibuka dengan protokol kesehatan, dengan tambahan kampanye dari ticket.com, dan semakin dekat perjalanan sehari. "

Baca juga: Jalan-jalan di musim hujan, pakai tabir surya & waspadai infeksi jamur

Baca juga: Inspirasi Untuk Tujuan Liburan, Sembilan Tempat Wisata Alam di Malang

Hal yang sama berlaku untuk agen perjalanan online lainnya.

Shirley Lesmana, VP Marketing Akomodasi Traveloka, mengatakan kepada ANTARA bahwa berdasarkan data internal, biro perjalanan online mencatat tren permintaan. akomodasi di kota tersebut terus meningkat sejak Juni 2020. Peningkatan ini terlihat terutama di beberapa kota besar dibandingkan bulan sebelumnya.

Baca:  Mengupas delirium, penyakit bingung mendadak

“Sejak Agustus 2020, pola kenaikan order sejalan dengan trenakomodasi dan Perjalanan Dimana kota-kota tujuan di sepanjang jalur Trans Jawa antara lain Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta, Malang, hingga Bali dan Trans Sumatera, ”kata Shirley.

Sementara itu, data biro perjalanan online Pegipegi menunjukkan lokasinya akomodasi yang terpopuler adalah kota-kota besar di Indonesia.

"Untuk 5 besar kotamasih di kota-kota besar seperti Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Malang, dan Semarang, ”ujar Busyra Oryza, Corporate Communication Manager Pegipegi.

Pegipegi memprediksi kota-kota besar ini akan menjadi destinasi favorit untuk liburan akhir pekan, berdasarkan data pemesanan tiket pesawat sejak pelonggaran Pembatasan Sosial Skala Besar Juni lalu.

Setelah pembatasan dicabut, orang-orang yang tinggal di rumah itu mulai menjelajahi pedesaan.

"Jika melihat periode pemesanan tiket sejak PSBB diluncurkan Juni lalu hingga saat ini, lima destinasi favorit tersebut adalah Medan, Jakarta, Makassar, Padang, dan Pontianak."

Baca juga: SE menyebutkan, bisnis pariwisata harus membatasi pengunjung hingga 25 persen selama liburan

Baca juga: Destinasi wisata siap menerapkan protokol kesehatan jelang libur panjang

Baca juga: Minat untuk tetap meningkat sebelum pergi bersama

Reporter: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
HAK CIPTA © ANTARA 2020