Makanan khas tahun baru di dunia, soba hingga anggur

Makanan khas tahun baru di dunia, soba hingga anggur

Jakarta (ANTARA) – Perayaan tahun baru di dunia tidak hanya tentang kembang api dan suara terompet, tapi juga dimeriahkan dengan berbagai makanan khas di setiap penjuru dunia.

Makanan apa saja yang biasa dihidangkan untuk merayakan tahun baru, berikut daftarnya seperti dikutip dari berbagai sumber.

Soba

Mie soba coklat yang terbuat dari gandum merupakan makanan Jepang populer yang juga biasa disantap di akhir tahun. Mie berbentuk panjang adalah simbol umur panjang dan kesejahteraan. Tradisi makan soba sebelum Tahun Baru sudah ada sejak abad ke-17.

Anggur (Pexels)

Baca juga: Bandara Haneda Tokyo yang dulunya ramai kini sunyi

Baca juga: Selamat datang di 2021, tinggal di dekat rumah adalah opsional

Anggur

Di Spanyol, ada tradisi makan 12 buah anggur saat jam menunjukkan pukul 12 siang, pertanda tahun baru. Angka tersebut merepresentasikan harapan sukses untuk 12 tahun ke depan.

Ikan haring (Pixabay)

Acar jerawat

Acar Herring adalah spesialisasi Tahun Baru di Polandia. Ikan herring direndam dalam air selama 24 jam dalam toples berisi bawang bombay cincang, rempah-rempah, gula dan cuka. Ikan ini disantap tepat pada tengah malam dengan saus krim dan onion ring.

Wiski (Pexels)

Wiski

Bersulang dengan wiski untuk merayakan tahun baru adalah tradisi Skotlandia, disertai dengan potongan kue buah yang lezat.

Tamale (Pixabay)

Tamales

Hidangan tradisional Amerika Tengah ini terbuat dari tepung yang terbuat dari tepung jagung ditambah dengan daging, keju dan bahan lainnya, kemudian dikukus dengan daun pisang. Tamale yang sering dimakan di Meksiko ini disajikan dengan sup menudo.

Oliebollen (Pixabay)

oliebollen

Hidangan seperti donat berbentuk bulat dan digoreng merupakan hidangan khas Belanda yang biasa disantap menjelang tahun baru.

Vasilopita

Baca:  Singapura buka pameran travel pertama sejak pandemi

Kue Tahun Baru Yunani yang spesial ini adalah kue manis yang berisi koin tersembunyi. Orang yang mendapatkan potongan koin akan mendapatkan keberuntungan.

Kuku Sabzi

Dibuat dengan telur dan rempah-rempah, ini disajikan sebagai hidangan Tahun Baru dalam budaya Persia. Kuku Sabza mirip dengan frittata Italia dan quiche Prancis. Biasanya makanan ini disajikan dengan roti dan yogurt atau salad. Makanan ini disajikan di Nowruz, Hari Tahun Baru di Iran.

Baca juga: Spesial Tahun Baru di China

Reporter: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
HAK CIPTA © ANTARA 2020