Mencerahkan kulit tanpa perawatan, bisa?

Mencerahkan kulit tanpa perawatan, bisa?

Jakarta (ANTARA) – Sebagian wanita menginginkan kulit cerah, namun sebagian tidak ingin menggunakan jaringan perawatan kecantikan. Bisakah itu terjadi?

Dokter Kulit dari Skin & Co, dr. Balquist Farida, Sp.KK mengatakan bahwa mendapatkan kulit cerah tanpa perawatan bukanlah hal yang mustahil sama sekali, hanya diperlukan upaya khusus, seperti menjaga kesehatan dari dalam tubuh.

Untuk membuat kulit tampak lebih cerah, makan makanan yang mengandung nutrisi dan vitamin sangatlah penting. Selain itu, harus menjaga kesehatan hati (liver) dan ginjal.

Baca juga: Berkenalan (dapatkan, dapatkan) dengan teknik masa kini yang berasal dari Psikologi Positif

Baca juga: Enam ramuan dalam minuman kesehatan yang bisa mempercantik kulit

“Hati digunakan untuk mendetoksifikasi racun. Jika seseorang mengidap penyakit lever, maka kulit akan menjadi gelap. Kesehatan dalam tubuh mempengaruhi kesehatan kulit luar. Jika sistem organ kita sehat, khususnya ginjal dan hati, maka kulit akan tampak sehat. Kulit yang sehat akan tampak cerah, kata dr. Balquist dalam diskusi online, Rabu (19/8).

Selain ginjal dan hati, jantung juga berperan dalam mencerahkan kulit. Jika jantung tidak dapat memompa dengan baik, darah tidak dapat membawa nutrisi dan vitamin ke kulit.

“Makanan utama kita dibawa oleh darah. Jika tidak tersalurkan dengan baik maka kualitas kulit akan menurun dan tidak sehat, otomatis warna kulit akan berpengaruh, bibir juga akan kering dan pucat,” kata dr. Balquist.

Selain itu, agar kulit Anda lebih cerah, hindari sinar matahari langsung dan selalu gunakan tabir surya.

“90 persen melakukan tanning, jadi kita harus pandai mengatur aktivitas. Kalau malas pakai sunblock harus menyesuaikan waktu, seperti berolahraga sebelum jam 8 atau lebih dari jam 4,” kata dr. Balquist.

Baca:  Enam tips untuk Anda yang ingin jadi "reseller"

Baca juga: Balitbangtan temukan manfaat kulit ari kacang tanah

Baca juga: Pelembab jenis apa yang cocok untuk anak-anak, lotion atau krim?

Baca juga: Alasan kenapa tabir surya harus digunakan bahkan #dirumahaja

Reporter: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
HAK CIPTA © ANTARA 2020