MKKI berpesan agar dokter Indonesia tetap semangat berjuang

MKKI berpesan agar dokter Indonesia tetap semangat berjuang

Jakarta (ANTARA) – Tanggal 24 Oktober diperingati sebagai Hari Dokter Indonesia yang juga merupakan peringatan 70 (tujuh puluh) tahun Ikatan Dokter Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Majelis Perguruan Tinggi Kedokteran Indonesia (MKKI) Prof. Dr David S Perdanakusuma, SpBP (K) berpesan kepada seluruh dokter di Indonesia untuk tetap semangat memperjuangkan kesehatan negara.

“Semoga sesama dokter di Indonesia tetap teguh menegakkan asas kesejahteraan bagi seluruh masyarakat dan asas antar doktor,” kata David, dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Dokter: Tingkatkan Perlindungan Kesehatan Anak

Baca juga: IDI berharap pemerintah benar-benar menjamin keamanan vaksin

“Ini adalah ikatan abadi yang tidak luntur seiring waktu. Saat ini para dokter dan masyarakat sedang bekerja keras mengatasi pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia,” kata David.

David mengimbau seluruh dokter di Indonesia untuk bersama-sama berjuang dalam menghadapi wabah COVID-19, mengingat tanggung jawab yang besar yang dimiliki dokter.

“Jangan putus asa, kalau kita bukan dokter, siapa lagi yang diharapkan bisa menyelamatkan negara tercinta Indonesia dari wabah penyakit ini,” kata David.

Senada dengan David, Ketua Tim Mitigasi PB IDI (Badan Pengurus Ikatan Dokter Indonesia) dan Ketua PB IDI memilih dr. Adib Khumaidi, SpOT menyampaikan bahwa profesi kedokteran di Indonesia saat ini menghadapi berbagai tantangan bahkan ancaman terhadap eksistensi profesinya, baik secara internal maupun eksternal.

“Sementara itu, penanggulangan wabah COVID-19 perlu ditekankan keamanan biosek serta upaya pencegahan penyebaran penyakit menular, ”kata Adib.

Adib melanjutkan, penting untuk meningkatkan perhatian pada inisiatif horizontal seperti program jangka panjang penguatan pelayanan kesehatan nasional, pelayanan kesehatan dasar, penyuluhan kesehatan masyarakat atau pelibatan masyarakat dalam pembangunan prakarsa kesehatan.

Baca:  Kemarin, Google Meet masih gratis hingga Dior gunakan kain tenun ikat

Baca juga: MKKI Minta Dokter Indonesia Pegang Asas Kesejahteraan

Baca juga: Pesan Dokter di Peringatan Hari Dokter Nasional

Baca juga: Besok Hari Dokter Nasional, Konsultasi Halodoc Hanya Bayar Rp 5.000

Reporter: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
HAK CIPTA © ANTARA 2020