Perawat AS pingsan setelah disuntik vaksin COVID-19? Ini faktanya

Perawat AS pingsan setelah disuntik vaksin COVID-19? Ini faktanya

Jakarta (ANTARA / JACX) – Video tentang injeksi vaksin COVID-19 di AS beredar sebagai message chain di aplikasi WhatsApp, termasuk di media sosial?

Video tersebut berisi pengakuan seorang perawat yang merupakan penerima pertama vaksin COVID-19 di Catholic Health Initiatives (CHI), AS.

Namun dalam video berdurasi 58 detik tersebut, perawat wanita tersebut tiba-tiba pingsan setelah menerima suntikan vaksin. Sejumlah petugas medis kemudian membantu perawat tersebut.

Di media sosial, video tersebut juga tersebar dan diisi dengan narasi tentang genosida jika vaksinasi dilanjutkan.

Salah satu pengunggah memberikan narasi berikut:
“Lihat perawat ini pingsan setelah mendapat vaksin COVID. Padahal aman banget kan? Kenapa orang terus mengikuti diktator lesu ini?
(Lihat perawat ini pingsan setelah menerima vaksin COVID. Benar-benar aman, bukan? Kenapa orang terus mengikuti diktator gila ini.)

Namun, benarkah perawat tersebut pingsan di AS setelah mendapat vaksin COVID-19. Benarkah vaksin COVID-19 menyebabkan genosida?

Tangkapan layar akun palsu yang menyatakan vaksin COVID-19 adalah genosida. (Facebook)

Penjelasan:

Mengutip Reuters.com di dalam konten Pemeriksaan wajah: Perawat pingsan setelah vaksin COVID-19 bukanlah bukti kemungkinan pembunuhan massal, Seorang perawat yang disuntik dengan vaksin COVID-19 memiliki kondisi khusus di mana ia akan pingsan saat merasa sakit.

Tiffany Dover, petugas medis di rumah sakit CHI Memorial, dalam kondisi baik setelah mendapat vaksin COVID-19. Setelah sembuh dari pingsan, dalam sebuah wawancara, dia berkata:

“Tiba-tiba saya tersadar, saya bisa merasakannya. Saya merasa sedikit bingung tetapi saya baik-baik saja sekarang, dan rasa sakit di lengan saya hilang."katanya saat wawancara dengan televisi lokal WTVC-TV NewsChannel 9.

Seorang juru bicara CHI Memorial juga mengonfirmasi bahwa Tiffany Dover pulih tak lama setelah kejadian tersebut.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di situs webnya menyatakan bahwa beberapa orang mungkin pingsan setelah mendapatkan vaksin, tetapi kondisi ini tidak jarang terjadi.

Baca:  Lima resolusi tahun baru untuk dukung pertumbuhan anak

Beberapa ilmuwan percaya bahwa pingsan setelah mendapat vaksin bukan disebabkan oleh vaksin itu sendiri.

Klaim: Perawat keluar setelah vaksin COVID-19
Peringkat: Informasi yang salah

Baca juga: Tokoh dan tokoh memberi contoh penerapan vaksinasi COVID-19

Baca juga: CDC AS mengeluarkan pedoman untuk vaksinasi COVID setelah reaksi alergi terjadi

Reporter: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
HAK CIPTA © ANTARA 2020