Prediksi tujuan wisata domestik yang diminati pada akhir tahun

Prediksi tujuan wisata domestik yang diminati pada akhir tahun

Jakarta (ANTARA) – Destinasi wisata domestik yang menjadi populer di kalangan wisatawan diperkirakan masih menjadi target liburan akhir tahun 2020.

John Safenson, VP of Market Management at Traveloka Accommodation, mengungkap tempat-tempat yang dicari oleh pengguna biro perjalanan online.

“Akhir tahun di semua tujuan pencarian tinggi, terutama Bali dan tempat-tempat di Jawa seperti Bandung mulai naik,” kata John dalam jumpa pers virtual, Rabu.

Sementara tingkat pencarian meningkat, keputusan untuk memesan tergantung pada apakah situasinya kondusif untuk liburan.

Baca juga: Kunci memulihkan pariwisata Indonesia

Baca juga: Menjelang akhir tahun, Traveloka menggelar Epic Sale 2020

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenparekraf meluncurkan kampanye #DiIndonesiaAja untuk mendorong pergerakan dari titik terdekat (staycation) antar pulau di Indonesia.

Gerakan pariwisata diharapkan dapat membangun kembali perekonomian melalui pemanfaatan sektor pariwisata di daerah tujuan.

John memprediksi pariwisata domestik akan tetap menjadi fokus wisatawan tahun depan, yang berkembang adalah jarak tempuh.

Orang yang memulai perjalanan bersama akomodasi akan mulai mencoba perjalanan darat, lalu melakukan perjalanan antar kota, antar provinsi, dan antar pulau.

Hal senada diungkapkan VP Marketing Traveloka Akomodasi Shirley Lesmana yang memprediksi perlahan-lahan masyarakat akan mulai berani menempuh jarak jauh.

“Kami berharap bisa menghidupkan kembali pariwisata lebih cepat karena tamu datang dari luar pulau,” kata Shirley.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Wakil Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo mengatakan akan terus mengoptimalkan potensi pariwisata dalam negeri di tengah kontraksi ekonomi akibat pandemi COVID-19.

“Kami bersiap untuk mendorong kebangkitan pariwisata pasca wabah COVID-19, negara-negara yang bergantung pada pariwisata juga melakukan hal yang sama untuk memulihkan kinerja sektor pariwisata mereka,” kata Angela.

Baca:  Semangat Oma Min lestarikan tenun Tanimbar di usia senja

Ia menuturkan, pihaknya juga berupaya mengoptimalkan potensi pariwisata domestik, termasuk mengembalikan kinerja pariwisata dengan terlebih dahulu fokus pada wisatawan domestik. Upaya ini didukung oleh kampanye perjalanan yang aman dengan protokol CHSE melalui kampanye Indonesia Peduli.

Baca juga: Sekarang pelancong lebih cenderung memesan akomodasi sesuka hati

Baca juga: Fitur baru Agoda untuk perjalanan spontan

Baca juga: Lokasi ideal untuk "staycation": Bandung, Bali dan Yogyakarta

Reporter: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
HAK CIPTA © ANTARA 2020