“Quality time” dengan anak tak perlu waktu lama

"Quality time" dengan anak tak perlu waktu lama

Bagi anak-anak, momen bersama orang tua saat wabah ini sangat berharga karena bapak ada di rumah

Jakarta (ANTARA) – Saat mewabah, para orang tua kewalahan karena merasa harus mengajak anaknya bermain di rumah, meski menyuguhkan waktu berkualitas bersama anaknya tidak perlu waktu lama.

Psikolog dan mental pendukung kesehatan, Anastasia Satrio, menuturkan anak-anak, terutama yang berusia di bawah lima tahun, belum mengenal konsep bekerja dari rumah. Yang mereka tahu hanyalah bahwa orang tua ada di sana sepanjang hari.

“Untuk anak-anak, momen bersama orang tua selama wabah ini lumayan harta (berharga) karena bapak dan ibu ada di rumah, "kata Anastasia dalam acara" Fika with IKEA ", Sabtu.

Baca juga: Tips untuk orang tua yang kehabisan ide permainan dengan anaknya di rumah

Anastasia mengatakan, rata-rata orang tua bingung mau bermain apa dengan anaknya, padahal kebanyakan anak kurang memperhatikan aktivitasnya. Karena yang dia inginkan hanyalah bersama orang tuanya.

“Selamat menikmati momen-momen bermain bersama anak, sehingga hasilnya tidak seperti apa yang harus dilakukan, bermain apa, tapi nikmati saja, seperti menggambar bersama, membuat makanan bersama yang dapat membantu mengisi penyimpanan kenangan cinta dan asyik saat wabah,” kata Anastasia.

Hal ini agar mereka memiliki pengalaman dalam situasi yang tidak nyaman dan membosankan bagi mereka untuk mengalami perasaan dicintai melalui waktu yang diberikan bersama orang tua mereka, yang sebenarnya waktu berkualitas 30 menit saja sehari jangan terlalu lama, ”lanjut Anastasia.

Anastasia juga mengatakan bahwa orang tua harus memberikan pengertian dan pengenalan kepada anak tentang jam kerja. Itu juga berfungsi untuk mengajarkan pertanyaan tentang tanggal, hari, dan bulan.

"Kita bisa melakukannya rancangan kegiatan seminggu, kita akan tahu hari mana ada pertemuan dan mana yang lebih longgar sehingga ada waktu bermain sekitar 30 menit atau 15 menit untuk waktu berkualitas, "kata Anastasia.

Baca:  Kerja dari rumah? Ganti pemandangan langit dengan laut Bermuda

Anastasia melanjutkan, “Tetapi jika memang ada waktu, kita harus benar-benar menghabiskan waktu sementara kita mengajari anak-anak mengenal hari. naik, hari ini kita ada pertemuan agar mereka bisa bermain pada jam segini, agar anak-anak juga bisa belajar konsepnya waktu istirahat, prediksi dan jangan bertanya banyak. "

Baca juga: Rekomendasi aktivitas aman bersama balita di rumah menurut para ahli

Baca juga: Setidaknya sepuluh menit waktu bermain dengan anak-anak

Baca juga: Ringgo Agus berbagi tips jalan-jalan dengan anak

Reporter: Maria Cicilia
Editor: Suryanto
HAK CIPTA © ANTARA 2020