Tips membuat podcast ala Podkesmas

Tips membuat podcast ala Podkesmas

Konsistensi berikutnya adalah bertahan dengan mendapatkan penghasilan

Jakarta (ANTARA) – Podcast Kesehatan Masyarakat (Podkesmas) membagikan tips kepada masyarakat podcaster pemula yang ingin membuatnya podcast.

Kolektif podcaster dari Jakarta yang dihuni oleh nama-nama seperti Imam Darto, Omesh, Surya Insomnia, dan Angga Ngok mengatakan bahwa kunci yang harus diperhatikan dalam membuat podcast adalah konsistensi.

“Ada empat tips, konsisten, konsisten, konsisten, konsisten. Pertama, kreatif, apa lagi yang harus dilakukan. Harus konsisten menciptakan sesuatu yang baru,” kata Surya Insomnia dalam jumpa pers virtual perayaan satu tahun Podkesmas, Minggu.

Baca juga: "Playlist" Spotify Independence Day menggabungkan musik dan podcast

Angga Ngok menambahkan itu podcaster juga harus sejalan dengan tema yang dibahas di podcast terbuat. Dia memberi contoh jika dia ingin membuat podcast olahraga bertema, harus sesuai dengan utas olahraga biasa.

Selama setahun, Podkesmas berhasil menjadi nomor satu dalam daftar tersebut podcast terpopuler di Indonesia di Spotify dengan nomor mengalir sebanyak 10.000 kali sehari.

Menurut Imam Darto, salah satu kunci sukses Podkesmas adalah konsisten menyapa pendengar dengan konten yang terjadwal.

“Konsistensi ketiga adalah konstan penjadwalan. Karena sangat penting memenuhi janji kepada pendengar. Kalau mau tayang jam 9 nanti tayang jam 9, kalau mau tayang setiap kamis maka akan tayang setiap kamis, kalau mau durasinya 30 menit ya 30 menit, ”kata Imam Darto .

Konsistensi terakhir, menurut Omesh, adalah mempertahankan satu dengan satu penghasilan melalui sponsorship.

“Konsistensi selanjutnya adalah tetap konsisten dengan penghasilan. Bagaimana dengan kami musim yang sama sekali tanpa sponsor. Tepat sekali musim kedua, ketiga, kami penuh sponsor, "kata Omesh.

Baca juga: Podkesmas berbagi pengetahuan tentang podcast di hari jadi pertama mereka

Baca juga: Kisah The Stray Kids diunggulkan di podcast Spotify For The Record

Baca:  Peragaan busana kain Ulos - ANTARA News

Baca juga: Kominfo mendukung Kelas Belajar Cyber ​​Podcast Creation yang menargetkan 5.000 peserta

Reporter: Yogi Rachman
Editor: Suryanto
HAK CIPTA © ANTARA 2020