Tips mengatur keuangan untuk “generasi sandwich”

Tips mengatur keuangan untuk "generasi sandwich"

Jakarta (ANTARA) – Pengelolaan keuangan untuk menyiapkan dana pensiun dan investasi harus dilakukan sedini mungkin, terutama secara turun-temurun. sandwich harus dilakukan secermat mungkin.

Aliyah Natasha CFP MSc, perencana & pendidik keuangan mengatakan bahwa biaya pengobatan dan perawatan kesehatan merupakan biaya tak terduga terbesar dan dapat menghabiskan harta benda dan aset yang telah terakumulasi dari generasi ke generasi. sandwich untuk penyediaan dana pensiun.

Menurut Aliyah, hal itu penting secara turun-temurun sandwich memilih asuransi dengan hati-hati. Asuransi adalah produk keuangan yang berfungsi sebagai pelindung kesehatan dan kesejahteraan bagi semua anggota keluarga, mulai dari orang tua, pasangan dan anak.

"Jika ada anggota keluarga atau pencari nafkah yang jatuh sakit, asuransi akan menanggung biaya pengobatan," kata Aliyah saat peluncuran Rumah Sakit Bedah Avrist Prime, Senin.

Baca juga: Lima langkah finansial cerdas untuk "pembuatan sandwich"

Baca juga: Bagaimana cara keluar dari generasi sandwich

Generasi sandwich adalah seseorang yang keberadaannya terjepit antara menopang kehidupan orang tua dan anak-anaknya. Oleh karena itu, sangat penting untuk menskalakan prioritas dan berkomunikasi tahap prioritas yang jelas untuk semua anggota keluarga.

Disiplin menabung juga tidak boleh dilupakan dalam mengelola keuangan. Penentuan tahap Prioritas ini dapat membantu mempersiapkan dana pensiun dan pengeluaran tak terduga.

"Kunci untuk menabung adalah habiskan lebih sedikit dan hemat lebih banyak. Kembangkan pola pikir bahwa cara terbaik untuk hidup nyaman adalah dengan memberikan tabungan ekstra tunai dan memiliki investasi sebagai bahan bakar untuk bertahan hingga akhir hayat, ”kata Aliyah.

Aliyah juga mengatakan generasi sandwich harus bisa menentukan tujuan keuangan seperti membuat daftar untuk masa depan dan hal apa saja yang bisa dijadikan investasi jangka panjang.

Baca:  Ada wisata Kampung Bali di Bekasi

“Tiga tujuan utama uang adalah untuk kebutuhan hari ini, esok, dan masa depan. Buat daftar detail tujuan hidup seiring dengan perkembangan kehidupan. Ini akan membantu dalam menentukan produk investasi yang tepat,” kata Aliyah.

Hal terakhir yang harus diperhatikan dalam mengelola keuangan adalah literasi investasi. Selain menabung, berinvestasi dapat memenuhi dana pensiun untuk masa depan, namun memilih investasi juga harus menjadi hal yang penting agar tidak salah langkah atau tertipu.

"Sebagai cara untuk mengoptimalkan uang sekaligus memerangi inflasi, investasi yang tepat adalah keuntungan kembali yang dapat mempercepat pencapaian tujuan keuangan, "kata Aliyah.

Baca juga: Tips mengatur pengeluaran bulanan

Baca juga: Psikolog: Generasi "sandwich" rentan stres

Baca juga: Tips pintar menghindari penipuan investasi

Reporter: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
HAK CIPTA © ANTARA 2020