Tips untuk pebisnis jelang akhir tahun

Tips untuk pebisnis jelang akhir tahun

Jakarta (ANTARA) – Meski menghadapi tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya akibat wabah tersebut, para pelaku usaha, terutama usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terus berjuang untuk melewati paruh terakhir tahun 2020 dengan harapan 2021 akan semakin kuat.

“Sebelum suatu usaha bersiap memasuki 2021 dengan rencana baru, penting bagi pelaku usaha untuk melakukan penilaian akhir tahun untuk mengukur kinerja usaha. Hal ini diperlukan untuk mengatasi kekurangan yang ada, terutama dari segi operasional,” ujar Country Manager Zilingo Indonesia Patrick Vaz. pernyataan resmi, Sabtu.

Ia membagikan delapan tips yang mudah diikuti sebagai panduan UMKM untuk membantu menutup tahun 2020 dengan baik dan siap mengukir prestasi baru tahun depan.

1. Evaluasi tujuan bisnis 2020 Anda untuk mengidentifikasi kemenangan dan rintangan

Sebagai bisnis kecil, tinjau kinerja perusahaan Anda Tinjau tujuan tahun ini, evaluasi kegiatan bisnis utama Anda, kemudian gunakan hasil evaluasi Anda untuk mengukur kinerja bisnis Anda tahun ini. Evaluasi bisnis yang komprehensif dapat menjadi dasar untuk memetakan peluang Anda di tahun mendatang.

2. Mengkaji laporan keuangan dan melakukan laporan keuangan

Kumpulkan semua dokumen yang diperlukan seperti laporan laba rugi, neraca, dan laporan arus kas untuk memeriksa status keuangan Anda. Selanjutnya, kembangkan laporan keuangan untuk menentukan apakah Anda berada di jalur yang benar untuk memenuhi tujuan laba dan kebutuhan arus kas Anda. Hal ini diperlukan jika Anda ingin melakukan penyesuaian pada rencana keuangan Anda di masa mendatang.

Baca juga: Lima tips menggunakan media sosial untuk branding bisnis

Baca juga: Empat taktik untuk mencegah bisnis dihancurkan oleh epidemi

3. Lakukan analisis kompetitif untuk mengukur posisi

Melakukan analisis kompetitif membutuhkan perencanaan yang matang, penelitian mendalam, dan introspeksi. Dengan analisis menyeluruh, perencanaan strategis Anda untuk mengungguli pesaing dapat membantu Anda menargetkan dan menawarkan hasil yang lebih akurat.

4. Menyiapkan rencana bisnis dan pemasaran untuk tahun 2021

Para pebisnis harus tetap antusias dan terbuka untuk bereksperimen saat memasuki tahun 2021. Luangkan waktu untuk merencanakan bisnis Anda dengan cermat tahun depan, termasuk rencana pemasaran untuk meningkatkan citra merek dan kehadiran Anda di pasar.

Baca:  Widyawati kenakan batik sebagai sebuah kebanggaan

5. Mengkaji dan mengevaluasi kinerja karyawan pada akhir tahun

Tahun 2020 telah menjadi tahun yang sangat sulit bagi bisnis Anda, termasuk karyawan Anda, sehingga sangat relevan untuk meninjau kinerja tenaga kerja Anda di kuartal terakhir. Ini akan membantu Anda lebih memahami situasi karyawan Anda dan memberikan wawasan tentang langkah selanjutnya untuk bisnis Anda. Bagaimanapun, kritik apapun harus konstruktif. Juga, pertimbangkan untuk memberi staf Anda liburan akhir tahun atau bonus untuk meningkatkan semangat mereka.

6. Perbarui profil situs web dan media sosial

Apakah konten di situs web dan profil media sosial Anda sudah yang terbaru? Media sosial telah menjadi alat utama pemasaran real-time sejak krisis melanda sejak awal tahun. Dedikasikan waktu Anda bulan ini untuk menyempurnakan dan menambahkan konten, atau bahkan meningkatkan kehadiran digital Anda saat diperlukan.

7. Rancang program apresiasi pelanggan

Apresiasi dalam bentuk apapun itu penting. Bisnis di negara bagian tersebut harus terus menjangkau dan terhubung dengan pelanggan. Ini perlu tetap relevan di tengah persaingan yang ada. Anda dapat mengirim kartu ucapan atau email yang dipersonalisasi kepada pelanggan setia Anda untuk membangun reputasi merek Anda saat Anda merencanakan kegiatan bisnis Anda untuk tahun yang akan datang. Pelanggan yang senang adalah pelanggan setia dan mereka tidak akan ragu untuk memberikan testimoni positif secara gratis.

8. Buatlah daftar dan rayakan pencapaian tahun ini

Jika Anda bisa mencapai ini pada tahun 2020, ada baiknya untuk merayakan semua pencapaian ini, baik besar maupun kecil. Semua bisnis harus merayakan pencapaian mereka sendiri, terutama setelah tahun-tahun yang penuh tantangan. Selain motivasi, merayakan pencapaian mencerminkan kekuatan bisnis dan tim Anda serta memberikan kepercayaan diri dan arah untuk memimpin dalam rencana masa depan.

Baca juga: "Sentuhan Pribadi" pada Produknya, Marini Zumarnis Tips Memikat Konsumen

Baca juga: Berbagi Tips Bisnis dengan Milenium, Erick: Diferensiasi Produk Penting

Baca juga: Enam tips buat kamu yang ingin menjadi "reseller"

Reporter: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
HAK CIPTA © ANTARA 2020